Smartphone Android Good or Noob? Simak Kelebihan & Kekurangan Android !!

Kelebihan & Keunggulan Android

1. UI (Tampilan Antarmuka) yang dараt dіѕеѕuаіkаn

Gооglе telah bеkеrjа kеrаѕ untuk mеmbuаt antarmuka pengguna Andrоіd (UI) ѕеflеkѕіbеl dаn sesuaikan mungkіn. Dеngаn demikian Gооglе memuat Android dеngаn ѕеjumlаh widget уаng dараt disesuaikan. Inі dараt digunakan dі mаnа ѕаjа dі UI dаn mеrеkа menawarkan pembaruan аtаu pintasan ke berbagai layanan, ѕереrtі email, kalender, dаn tentunya masih banyak lagi dalam sebuah widget lainnya.

2. Bugdet yang Pas di Kantong

Operasi OS Andrоіd terjangkau untuk dіbеlі, hal ini dikarenakan fitur pada IOS terlebih elegan dan mewah sehinggan menaikan harga jual. Mаkа sebagian besar реlаnggаn senang mеmbеlі роnѕеl Andrоіd karena dalam masalah hаrgа ponsel Andrоіd уаng sangat murаh.

3. Bersifat Open Source

Bagi kalian seorang developer mobile kayaknya wajib memiliki handphone Android. Karena sistem operasi ini bersifat Open Source. Kalian bisa dengan mudah memodifikasi dan mengembangkan Android dengan membuat aplikasi lebih mudah sesuai dengan keinginan kalian.

4. Jumlah Aplikasi yang Lebih Beragam

Dengan adanya fitur open source, para developer mulai banyak membuat aplikasi aplikasi baru. Sehingga aplikasi yang berbasis Android semakin hari semakin banyak dan semakin beragam.

Dilansir dari teknologi.id jumlah aplikasi yang tersedia di Google Play Store hingga maret 2018 berjumlah 3,6 juta aplikasi. Banyak bukan?

Kalaupun aplikasi yang kalian cari ternyata tidak ada di Play Store kalian bisa cari di google. Kalian jadi bisa mencoba lebih banyak aplikasi ketimbang pengguna iPhone. Tapi ingat, pastikan aplikasi yang kalian instal ke smartphone kalian terbebas dari malware atau virus jahat ya, guys !

5. Penambahan penyimpanan dengan SD Card

Kalian bisa menambahkan SD Card pada android untuk menambah kapasitas penyimpanannya. Kalau penyimpanan internalnya kalian habis atau penuh, kalian bisa memilih untuk menambah kapasitas 2gb, 4gb, 16gb, 32gb dengan cara memasukan SD card ke slot penyimpanan eksternal.

Tapi beda cerita kalau kalian memakai iPhone/IOS. Kalian tidak bisa menggunakan SD Card untuk menambah kapasitas penyimpanan kalian. Kalian cuma bisa menggunakan penyimpanan, yang hanya terdapat beberapa kapasitas yaitu 8gb, 16gb, 32gb dan 64gb. Kalau kalian kekurangan penyimanan kalian tidak bisa menambah kapasitasnya sama sekali. Itu merupakan kekurangan dari iPhone yang paling terasa menurut kami.

Kekurangan Android

Selain dari banyak kelebihannya, Android ternyata memiliki beberapa kekurangan juga loh. Berikut beberapa kekurangan dari Android !!

1. Malware & Virus pada Aplikasi Android

Banyaknya aplikasi yang tersedia pada sistem operasi Android membuat maraknya penyebaran aplikasi yang tidak resmi (bukan berasal dari Play Store). Ketika kalian mengisntal aplikasi dari sumber yang tak jelas, maka kalian harus berhati hati. Karena aplikasi yang bukan berasal dari Play Store bisa dipastikan belum melewati uji coba. Si pembuat aplikasi bisa saja menyelipkan virus / malware ke dalam aplikasi tersebut.

Dan bayangkan jika kita menginstal aplikasi tak resmi tersebut dan didalamnya terdapat virus yang bisa mencuri data-data pribadi kita. Iya kalau cuma dicuri, bagaimana kalau sampe merusak program-program yang ada di Handphone kita. Bisa bahaya kan?

2. Hardware Acceleration

Apa itu? Hardware Acceleration adalah suatu proses dimana suatu aplikasi menggunakan komponen perangkat keras lain di suatu sistem untuk melakukan sutau tugas agar lebih efisien. iPhone sudah menggunakan Hardware Acceleration sehinnga user experience iPhone lebih menyenangkan. Sedangkan untuk sistem operasi Android fitur ini cuma tersedia pada Android v3.0 keatas.

3. Android Lebih Membutuhkan Lebih Banyak RAM

Pernahkan kalian menggunakan iPhone dengan RAM 1gb? Kalian ngerasa gk sih kenapa iPhone dengan RAM cuma 1gb sudah bisa berjalan dengan lancar? Sedangkan untuk Android dengan RAM 1gb masih terasa sangat berat, bahkan Android memerlukan setidaknya 3 sampai 4 untuk menyamakan kecematan yang sama dengan iPhone RAM 1gb. Ko bisa?

Jawabannya adalah karena sebagian besar aplikasi Android dibuat dengan menggunakan Java. Kalau kalian tahu, Java dapat menyebabkan proses penumpukan file yang tidak berguna. Contohnya file registry, cache, file junks dll. Akibatnya performa smartphone akan menurun. Berbeda dengan IOS, java tidak digunakan dalam IOS. Sehingga performa iPhone lebih baik walau cuma dengan RAM 1gb saja.


Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dari Android. Bagi kalian pengguna iPhone atau mau membeli iPhone boleh nih baca baca tentang Kelebihan serta Kekurangan Sistem Operasi IOS.

Orang Lain juga Membaca ini

Leave a Comment