Sangat Simpel, Inilah Cara Backup Website Lewat Cpanel !!

Jika kalian mempunyai webiste, pasti kalian pernah mengalami website kalian bermasalah, entah dari pihak hostingnya atau dari website itu sendiri. Lalu bagaimana cara agar webiste kalian tetap dapat aman ketika website kalian bermasalah? Salah satu alternatif yang bisa kalian coba yaitu dengan membackup website kalian. Lalu bagaimana sih cara utnuk membackup website kalian?? Jika kalian sedang ingin membackup website, kalian berada di artikel yang tepat. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya Backup website kalian menggunakan Cpanel.

Namun sebelum kita masuk ke pembahasannya, mungkin kalian berkenan membaca artikel kami lainnya:

Oke langsung saja kita masuk ke pembahasannya. Cekidot !!

Cara Membackup Website Melalui Cpanel

1. Masuk ke bagian Cpanel Website

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu masuk ke dalam Cpanel website kalian. Untuk mengakses Cpanel biasanya dapat dengan mengunjungi alamat https://Namaweb.com/Cpanel. Lalu masukan user beserta passwordnya untuk dapat masuk ke halaman Cpanelnya.

2. Masuk ke File Manager

Untuk dapat mengakses file yanga ada pada webiste, kalian bisa masuk melalui File Manager yang ada pada halaman utama Cpanel.

2. Compress Semua File Home

Selanjutnya masuk ke dalam file Home website kalian. Pilih select all untuk menseleksi semua file yang ada di dalam Home. Setelah itu kita Compress file nya agar menjadi satu kesatuan dan membuat filenya berukuran lebih kecil.

Kalian bisa memilih format mana saja sesuai keinginan kalian. Namun kami menyarankan menggunakan format zip saja karena format zip sudah biasa digunakan oleh semua orang.

3. Download file yang ter-compress tadi

Setelah filenya terselect semua, select atau klik pada file .zip tadi lalu klik download untuk mengunduh file tadi. Simpan file yang terdownload dengan baik baik. File tersebut adalah file backupan / cadangan ketika website kalian error.

4. Download Database

Sebenarnya cara di atas sudah selesai, namun akan lebih baik jika melengkapinya dengan mendownload database nya juga. Caranya yaitu kembali ke halaman utama Cpanel dan masuk ke bagian Backup.

Untuk mendownload, cukup klik saja pada nama database yang ingin kalian download. Mungkin lebih baik jika kita mendownload semua databasenya agar lebih aman karena kita jadi punya file database cadangan.

Penutup

Seperti itulah cara untuk Backup Website kalian dengan menggunakan Cpanel. Simpel banget, kan? Pasti mudah untuk di lakukan karena caranya sangat simpel. Okelah kalau begitu terima kasih sudah mampir di website kami. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lain ??

Orang Lain juga Membaca ini

Leave a Comment