Cara Backup dan Restore Game Steam

Pernahkah kalian membeli game steam dengan ukuran yang lumayan besar? Misalkan ukuran 50 Gban. Gimana caranya download dengan ukuran sebesar itu? Tenang, kalian bisa menggunakan cara Backup dan Restore game.

Backup and Restore game adalah cara menyimpan file game untuk dijadikan file cadangan jika game itu terhapus/hilang dan mengembalikan file game seperti sedia kala.

Cara Membackup dan Merestore Game Steam

Cara ini juga digunakan untuk memindahkan file game dari komputer 1 agar bisa dimainkan di komputer ke 2 dengan 1 akun steam. Sebagai contoh saya akan memindahkan game GTA 3 dari Laptop ke komputer saya.

Berikut merupakan cara caranya :

1. Login Steam Desktop pada ke-dua PC

Kalian harus login terlebih dahulu di Kedua PC dalam 1 akun steam Untuk melakukan cara ini. Dan tentunnya login pada Steam Desktop ya, bukan pada steam web. Jadi kalian harus menginstal Steam desktop pada kedua PC kalian.

2. Klik Menu “Steam” pilih “Backup and Restores Game”

Langkah selanjutnya klik lah menu Steam pada pojok kiri atas pada komputer pertama. Kemudian pilih Backup and Restore Game.

3. Pilih “Backup Currently Instaled Programs”. Klik Next

Karena kita akan membackup game terlebih dahulu, maka kita pilih Backup Currently Instaled Program.

4. Pilih Game apa saja yang Mau di Backup

Setelah itu tinggal kita pilih game mana saja yang mau kita backup. Tapi dengan catatan game kalian sudah terdownload pada komputer tersebut dan Jika game belom selesai terdownload maka kalian tidak bisa melakukan proses backup game.

5. Pilih Lokasi untuk Backup

Terserah kalian mau meletakan file backup dimana aja. Pilihlah lokasi backup yang masih punya banyak ruang. Tapi sebagai contoh, saya akan meletakan file di dalam subfolder steam yaitu pada folder backup.

6. Tunggu Proses Backup Selesai

Setelah itu tinggal menunggu prosesnya selesai. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, ko. Paling cuma memakan waktu sekitar 2 sampai 3 menit.

7. Pindahkan File Backup ke PC yang lain menggunakan Flashdisk/CD

Pindahkan file backup tersebut ke dalam flashdisk. Lalu pindahkan ke komputer yang kedua.

8. Pilih “Backup and Restore Game” ke PC-2

Setelah proses diatas selesai skarang tinggal melakukan proses restore pada komputer yang kedua. Sama seperti cara pertama diatas namun bedanya untuk merestore kalian perlu memilih Restore Previous Backup.

9. Browse Lokasi File Backup

Carilah lokasi file backup dengan cara klik browse. Klik Next.

11. Tunggu Proses Selesai

Setelah itu kalian tinggal menunggu proses restore selesai. Bisa kalian gunakan waktu untuk mengumpulkan cemilan untuk dimakan saat memainkan game nanti.

12. Proses Restore Game Selesai

Hore!!! Proses Restore pun selesai. Sekarang game sudah bisa kalian mainkan.

Penutup

Mudahkan guys? Itulah cara backup dan restore game steam. Tanyalah pertanyaan anda pada kolom komentar di bawah. Baca juga artikel kami di sini yang lain ya guys.

Orang Lain juga Membaca ini

Leave a Comment