Cara Bermain Game PS 2 di PC – Menggunakan PCSX2

Apakah akalian rindu bermain game PS2? Ingin memainkannya tapi tidak punya PS2? Tenang, kalian bisa menggunakan PCSX2 untuk bermain game PS2. Kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan PCSX2 yang baik dan benar.

Lalu apa sih PCSX2 itu? Nah bagi yang belum tau nih, PCSX2 adalah sebuah emulator open souce yang dapat digunakan untuk menjalankan game Playstation 2 pada sebuah perangkat komputer dengan sistem operasi Windows, Linux dan macOs. Jadi dengan emulator ini kalian tidak perlu repot-repot membeli PS2 dan hanya cukup menginstal PSCX2 ini secara gratiss dan kalian sudah bisa bernostalgia kembali memainkan game-game PS2 bersama teman kalian.

Lalu gimana sih caranya? Tenang, cukup ikuti langkah langkah dibawah ini. Oke langsung saja kita ke pembahasannya. Cekidot !!

Cara Bermain Game PS2 Menggunakan Emulator PCSX2

1. Download File File Di Bawah ini

Untuk memanikan game menggunakan emulator PCSX2, setidaknya kalian harus mempuyai file file berikut.

Download filenya kemudian ekstraklah. Untuk file iso, kalian bisa mendownloadnya di CoolRoom atau cari sendiri di google.

2. Buka file PCSX2 dan Klik Instal

Setelah download selesai, langkah pertama instal lah PCSX2 seperti pada aplikasi lainnya. Aturlah lokasi penyimpanan aplikasinya. Bagi yg mempunyai SSD saya sarankan aturlah lokasi aplikasinya pada SSD karena akan mempercepat proses kerja PCSX2 nya. Tapi jika tidak pun tak apa, hanya opsional saja.

3. Masukan file BIOS

Selanjutnya hilangkan tanda centang pada “Use Default Setting” untuk dapat memilih BIOS. Klik browser dan carilah lokasi BIOS yang tadi kalian download. Kalian bisa menggunakan BIOS yang mana saja.

Sebagai contoh saya mengguanakan BIOS . Klik Finish.

4. Masukan ISO

Sampai tahap ini instalasi sudah selesai, tinggal mengisinya dengan ISO gamenya saja. Caranya adalah klik pada menu CDVD kemudian pada bagian Temukan ISO / ISO Selector pilih Browse. Kemudian carilah lokasi dimana ISO game kalian berada.

Seperti contoh saya memasukan ISO Harvest Moon dan Mortal Kombat.

5. Atur Pengaturan bila Perlu

Sebenarnya ini merupakan pilihan (opsional), artinya terserah mau diikutin atau tidak. Fungsi pengaturan untuk menyesuaikan spec PC/Laptop kalian agar lancar dalam bermain game di emulator ini. Caranya dengan cara klik Konfigurasi/Config > Video > dan pilihlah Pengaturan Windows.

Untuk pengaturannya semua terserah kalian, tapi untuk punya saya lebih suka pengaturan seperti itu.

6. Jalankan Gamenya !!!

Setelah itu kalian bisa langsung memainkan gamenya dengan cara klik menu System >> Jalankan Cepat / Jalankan Full (Kalian bisa memilih salah satu).

Penutup

Itulah cara Bermain game PS2 menggunakan emulator PCSX2. Di artikel berikutnya kita akan membahas Cara Mensetting Stick PS2 di PCSX2. Jika ada hal yang tidak paham bisa ditanyakan melalui kolom komentar. Jangan lupa membaca artikel kami yang lain ya.. 🙂

Orang Lain juga Membaca ini

2 Thoughts to “Cara Bermain Game PS 2 di PC – Menggunakan PCSX2”

  1. Ini bisa dipakein stick ps 2 ga?

    1. Admin Multimedia

      bisa,,
      coba cek artikel baru kami disini.

Leave a Comment