Cara Setting dan Menggunakan Stick PS2 di PCSX2

Setting Stick PS2 di PCSX2 – Di artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang Cara Bermain Game PS 2 dengan PCSX2. Supaya lebih asik dalam bermain, kalian juga bisa menggunakan stick PS2 (Playstation 2) kalian loh!! Wahh, pasti lebih asyik nih. Terus gimana sih cara setting dan pemasangannya??

Sebelum masuk ke pembahasan inti, mungkin kalian tertarik dengan artikel artikel kami yang lain :

Ya, menggunakan Stick PS2 untuk dipakai untuk PC memang bisa, terutama untuk PCSX2. Malah akan dapat merasakan feel yg pas karena PCSX2 memang dikhususkan untuk bermian game PS2 di PC/laptop. Oke lah, langsung saja menuju ke pembahasannya. Cekidot !!

Cara Setting Stick PS2 pada PCSX2

1. Colokan Stick ke PC

Sebenarnya ada 2 type stick yg bisa kalian gunakan. Pertama yg menggunakan kabel USB dan yang menggunakan stick bawaan dari PS2. Untuk stick yang menggunakan USB, bisa kalian langsung colokan ke PC. Namun untuk yang menggunakan stick bawaan PS2, kalian perlu memerlukan semacam konventer supaya sticknya bisa terconnect ke PC kalian. Jadi agak sedikit ribet. Tapi langkah langkahnya tidak ajah jauh berbeda, selama sudah bisa di colokan ke PC berarti kalian sudah bisa mengikuti langkah langkah berikut ini.

Photo by Matilda Wormwood

Jadi akan lebih baik jika membeli yg versi kabel USB saja, atau malah lebih baik jika membeli stick Wirelless yang tanpa kabel.

2. Memastikan USB Ter-connect ke PC dan PCSX2

Tahap ini sedikit penting, karena jika nggk terconnect maka kalian belum bisa untuk bermain dengan Stick pada PC kalian. Untuk mengecek apakah USB terconnect dengan PC bisa dengan cara berikut ini :

Cara mengeceknya yaitu, bukalah Control Panel > lalu klik Hardware and Sound > Lalu klik Devices and Printers. Jika sudah ada USB Joystick berarti sudah terconnect.

Lalu untuk mengecek apakah stick terconnect dengan PCSX2 bisa dengan cara berikut ini :

Bukalah PCSX2 lalu kliklah menu Configuration / Konfigurasi lalu Pilih Controllers > Pengaturan Plugin.

Jika terdapat device joystick yang tadi maka sudah terconnect ke PCSX2.

3. Setting Setiap Tombol

Langkah selanjutnya yaitu men-setting semua tombol Stick kalian. Caranya sama seperti seblumnya, yaitu Bukalah PCSX2 lalu kliklah menu Configuration / Konfigurasi lalu Pilih Controllers > Pengaturan Plugin lalu masuk lah ke Tab Pad 1. Setelah itu klik lah satu per satu pilihan , sebagai contoh klik Circle, lalu klik tombol bulat pada Stick kalian. Begitu terus sampai semua tombol terinput.

Jadi klik pilihan yg ada di PCSX2 terlebih dahulu, lalu klik tombol yang sama pada Stick kalian. Begitu terus sampai semua tombol terinput. Setelah semua terinput klik Apply dan OK.

4. Selesai

Setelah langkah tersebut selesai, maka kalian bisa menggunakan Stick PS2 untuk bermain PCSX2. Coba lah untuk bermian game dengan menggonakan Settingan yg tadi, apakah ada yg salah atau tidak. Jika ada yg salah kalian bisa merubahnya dengan langkah ke ke 3 tadi.

Oke lah kalau begitu, cukup sudah pembahasan kita hari ini. Mudah kan cara mensetting nya? Jika kalian kebingungan atau ada kendala, bisa kalian tanyakan pada kolom komentar ya. Terima kasih sudah mampir pada website kami. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yg lain. Bye Bye. ??

Orang Lain juga Membaca ini

Leave a Comment