Panduan Bisnis Bunker GTA Online – Part 2

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang rekomendasi lokasi, cara memulai, renovasi dan keuntungan Bisnis Bunker GTA Online. Bagi yang belom membaca mungkin bisa membaca nya terlebih dahulu pada link yang ada di bawah ini.

Kali ini kita akan melanjutkan sedikit tentang bisnis bunker kemarin, di artikel ini kita akan membahas tentang :
Research
Manage Staff
Upgrade Bunker
Perhitungan Keuntungan bisnis Bunker

Oke, langsung saja kita masuk ke pembahasannya. Cekidot !!

Dashboard Komputer

Di dalam bunker terdapat sebuah komputer yang dapat mengontrol bisnis ini. Di komputer ini terdapat beberapa informasi mengenai bunker kalian. Termasuk total pendapatan yang kalian dapatkan dari penjualan produk bunker kalian. Juga terdapat berapa jumlah Research Project yang sudah selesai.

1. Resupplay

Tab ini digunakan untuk mengisi Supplies Level (bar warna orange) yang nantinya menjadi Stock Product (warna biru).

Ada 2 cara untuk mengisi Supply nya yaitu dengan cara mencuri atau membelinya. Saya saran kan untuk membeli Supply, karena kita bisa memanfatkan waktu yang ada untuk mengerjaian misi yang lain. Kebanyakan misi curi Supply lumayan susah, jadi tidak worth it apalagi jika level kalian masih rendah yang masih belom mempunyai banyak senjata. Selain itu dengan mencuri supplay, kita hanya akan mendapat 1 sampai 2 bar supplay yang mana kita harus melakukan 3 sampai 4 misi curi suplay supaya supplay kita terisi full.

2. Research

Fungsi Research ini adalah untuk meng-unlock item item Research yang tidak bisa di beli di Ammunation atau toko lainnya.

Di samping ini merupakan contoh item Research. Senjata ini bernama Sniper Mk II. Yang menggunakan Thermal Scope yang dapat berfungsi melihat orang di dalam kegelapan serta menggunakan Explosive Rounds yang mana jika kita menembakan senjata tersebut object yang kita tembak akan meledak.

Ada sekitar 51 item yang dapat kalian unlock setelah porses Research. Dan setiap research memakan 1 bar supplay penuh dan membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Namun jika kalian tidak ingin menunggu lama, kalian bisa memilih Fast Track Research sebesar $ 225.000 untuk meng-unlock 1 item Research secara cepat.

3. Sell Stock

Tab ini berfungsi untuk menjual Stock Product Bunker kalian. Saya menyarankan untuk terus menjual ke Los Santos supaya mendapat keuntungan yang maksimal. Jika kalian menjual produknya ke Los Santos maka kalian akan mendapatkan keuntungan 1,5 kali lipat dari penjualan ke Blaine County. Untuk perhitungan penjualan bisa klik di sini

4. Manage Staff

Tab ini berfungsi untuk mengatur pekerja agar fokus menggunakan supplay untuk mengerjakan ke bagian Manufacturing, Research atau keduanya

– Assign Staff To Manufacturing : Pekerja fokus untuk membuat Stok Produk yang nantinya dapat dijual dan menghasilkan uang
– Assign Staff To Research : Pekerja fokus ke Research yang nntinya akan membuka item item Research sperti upgrade senjata, livery dan lainnya. Aktifkan ini untuk menggunakan Tab Research (Poin No 2)
– Assign Staff To Both : Pekerja mengerjakan keduanya, baik manufacturing dan juga research.

Saya menyarankan agar tidak memilih opsi ke 3 ya, karena tidak akan efisien waktu maupun biaya. Jika ingin menfokuskan ke Research jangan lupa untuk mengisi supplaynya terlebih dahulu supaya proses researchnya berjalan.

5. Buy Upgrade

Agar mendapatkan profit yang maksimal, kalian membutuhkan upgrade pada bisnis bunker.

Seperti MC Bussiness, terdapat 3 upgrade bunker yang bisa kalian beli, diantaranya :

– Equipment Upgrade : Meningkatkan peralatan yang ada di bunker kalian dan meningkatkan harga jual produk bunker kalian.
– Staff Upgrade : Meningkatkan jumlah para pekerja bunker sehingga mempercepat dalam produksi manufacturing dan juga Research.
– Security Upgrade : Meningkatkan keamanan bunker kalian. Dengan upgrade ini akan memunculkan security yang berjaga di gerbang bunker kalian.

Belilah Equipment dan Staff Upgrade karena akan meningkatkan profit bunker kalian. Namun saya tidak menyarankan membeli upgrade ini, karena tidak seperti MC Bussiness, kita akan jarang sekali terkena razia polisi. Selama saya bermain GTA Online, saya sama sekali belom pernah terkena razia, jadi jika kalian tidak membeli upgrade ini saya rasa tidak apa apa.

6. Shut Down Business

Digunakan untuk menutup bisnis kalian. Sebelum kalian ingin menutup bisnis kalian, jual semua produk yang tersisa, karena jika tidak maka semua produknya akan hilang sia sia.

Keuntungan / Profit Bisnis Bunker

Berikut merupakan keuntungan dari penjualan bisnis Bunker ke Los Santos. Saya tidak memasukan penjualan ke Blaine County karena profit yang didapatkan akan berkurang dan itu tidak Worth-it.

Jumlah ResuplayModalPenjualan Tanpa UpgradeProfit Tanpa UpgradePenjualan Dengan UpgradeProfit Dengan Upgrade
1$75.000$150.000$75.000$210.000$135.000
2$150.000$300.000$150.000$420.000$270.000
3$225.000$450.000$225.000$630.000$405.000
4$300.000$600.000$300.000$840.000$540.000
5$375.000$750.000$375.000$1.050.000$675.000

Dari tabel di atas di simpulkan bahwa, jika kita bandingkan ‘1 kali resupplay secara beruntun selama 5 kali misi jualan’ dengan ‘5 kali resuplay selama 1 kali misi jualan’ menghasilkan profit yang sama.

Profit 1 kali resupplay secara beruntun selama 5 kali misi jualan : $135.000 x 5 = $675.000
Profit 5 kali resuplay selama 1 kali misi jualan : $675.000 x 1 = $675.000

Tidak seperti penjualan Create pada bisnis Export Import (kita akan membahasnya bisnis Export import di artikel selanjutnya) yang mana semakin banyak produk / create maka keuntungan semakin banyak.

Jadi metode penjualan yang terbaik adalah, jual produk setelah 1 bar supplay penuh sudah habis. Dengan begitu kalian hanya mendapatkan 1 kendaraan saja. Karena waktu yang disediakan hanya sedikit (15 menit saja). Apalagi jika kalian bermian solo, jika kalian menjual dengan Full Produk maka waktu yang tersedia tidak akan cukup dan produk akan terbuang sia sia.

Penutup

Oke mungkin cukup sekian pembahasan tentang Bisnis Bunker GTA Online kali ini. Next kita akan membahas tentang Bisnis CEO Export Import. So jangan sampai kelewatan artikelnya. Bye !! ?

Orang Lain juga Membaca ini

Leave a Comment