Panduan MC Business GTA V Online – Part 2

Di artikel ini kita akan melanjutkan artikel sebelumnya. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu MC Business, cara memulai MC Business, dan Keuntungan dari MC Business. Bagi yang belom membaca artikelnya bisa klik tombol dibawah ini.

Pada artikel ini kita akan membahas tetang Macam macam Pabrik bisnis yang ada di MC Bisnis beserta lokasi lokasinya, dan juga renovasi dan upgradenya. Oke tanpa basa basi lagi kita langsung masuk ke pembahasannya!!

Macam-macam MC Business

Perlu diketahui kalau MC Business mempunyai banyak macamnya, terdapat 5 macam pabrik MC Business yang bisa kalian miliki. Dan semuanya memiliki tingkat keuntungan yang berbeda beda.

1. Document Forgeries

Bisnis pertama yang ada di MC Business ini bekerja dibidang pemalsuan dokumen. Saya tidak merekomendasikan bisnis ini kepada kalian. Kenapa? Karena bisnis ini memiliki keuntungan yang sedikit jika dibanding dengan bisnis lainnya. Apalagi jika kalian memutuskan untuk membeli suplay bisa dipastikan kalian akan mengalami kerugian.

Terdapat 4 pilihan lokasi yang bisa kalian pilih. Empat lokasi tersebut adalah di Grapeseed, Paleto Bay, Elysian Island, dan Textile City.
Rekomendasi lokasi : Grapeseed.

2. Weed Farm

Disebut juga bisnis ganja. Para pekerja kalian akan memproduksi ganja yang bisa kalian jual. Bisnis ini mempunyai keuntungan jika dibanding dengan Document Forgeries.

Sama seperti Document Forgeries, Weed Farm juga mempunyai 4 pilihan lokasi, diantaranya yaitu San Chianski Mountain Range, Mount Chiliad, Elysian Island, dan di Downtown Vinewood.
Rekomendasi lokasi : San Chianski Mountain Range.

3. Counterfeit Cash

Bisnis yang ketiga yaitu Counterfeit Cash. Para pekerja akan memproduksi Uang palsu yang bisa kalian jual nantinya.

Terdapat 4 pilihan lokasi yang bisa kalian pilih, diantaranya yaitu : Paleto Bay, Cypress Flats, Grand Senora Dessert , dan Vespucci Canals.
Rekomendasi Lokasi : Grand Senora Dessert

4. Meth Lab

Bisnis yang keempat yaitu Meth Lab atau pabrik sabu. Bisnis ini merupakan bisnis dengan keuntungan tertinggikedua setelah Cocain Lookup.

Terdapat 4 pilihan lokasi, yaitu Paleto Bay, Terminal, Grand Senora Dessert, El Burro Height.
Rekomendasi lokasi : Grand Senora Dessert

5. Cocain Lookup

Bisnis terakhir yaitu Cocain Lookup. Bisnis ini merupakan bisnis di MC Business yang mempunyai keuntungan paling banyak dibanding dengan yg lainnya.

Untuk pilihan lokasi kalian bisa memilih lokasi di Paleto Bay, Elysian Island, Morningwood, atau Alamo Sea.
Rekomendasi lokasi : Alamos Sea.

Renovasi Club House

Renovasi diperlukan untuk meningkatkan fasilitas dan tampilan yang ada di Club House. Renovasi tidak terdapat pada pabrik bisnisnya.

Terdapat beberapa renovasi yang bisa kalian beli untuk memperindah Club House kalian. Seperti :

1. Mural

Kalian bisa mendekorasi cat di dinding Club House kalian dengan mural. Ada beberapa pilihan mural yang bisa pilih untuk mempercantik dinding Club House kalian.

2. Style

Digunakan untuk mengatur style tempat duduk dan tata letak Club House kalian. Kalian bisa mengatur dekorasi pada dinding dan furniturnya. Yang masing masing memiliki dua pilihan.

3. Club Emblem

Digunakan untuk mengganti logo MC. Ada 10 pilihan logo yang bisa kalian pilih. Nantinya logo ini akan dipasang di dinding Club House kalian.

4. Club Name

Dari sekian renovasi mungkin ini adalah yang paling penting ya. Kalian bisa menamai bisnis MC Club sesuai dengan keinginan kalian. Ketika ada player lain join ke bisnis kalian, mereka bisa melihat nama MC Club kalian, maka dari itu buatlah nama MC Club yang keren dan unik.

5. Gun Looker

Renovasi ini juga lumayan penting, tapi akan lebih baik juga membeli renovasi ini pada bisnis yang sering kalian kunjungi. Fungsi dari gun looker yaitu mengatur senjata mana yang mau di tampilkan di weapon wheel kita. Misal kita punya senjata yang gk pernah kita gunakan, kita bisa menyimpan senjata tsb ke Gun looker agar weapon wheel kita tidak terlihat penuh.

Gun Looker ini bisa kalian beli juga di Office atau Nightclub kalian. Jadi jika kalian lebih sering mengunjungi Office, belilah Gun Looker di Office kalian.

6. Custom Bike Shop

Menurutku renovasi ini kurang berguna ya. Fungsi dari renovasi ini adalah untuk memodif motor motor kalian. Saya sarankan sih kalian tidak usah membeli renovasi ini karena kalian bisa memodif motor kalian di Los Santos Custom.

Cuma jika mempunyai uang lebih kalian bisa membeli renovasi ini agar mempersingkat waktu dalam memodif motor tanpa harus pergi ke Los Santos Custom terlebih dahulu.

Upgrade Bisnis

Berbeda dengan renovasi, upgrade lebih berfungsi untuk meningkatkan kualitas dan harga produk sehingga keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak. Jika renovasi hanya terdapat pada Club House, upgrade hanya terdapat pada pabrik bisnis saja.

Di semua bisnis MC Club terdapat 3 upgrade, yaitu staff upgrade, equipment upgrade dan security upgrade.

1. Staff Upgrade

Fungsi dari staff upgrade yaitu memperbanyak jumlah pekerja di bisnis kalian. Sehingga akan mempercepat proses produksi barang dan akan menaikan harga produk.

Untuk harga staff upgrade tiap bisnis berbeda beda. Berikut harga staff upgrade untuk masing masing MC Bisnis.

HargaDocument F.Weed FarmCounterfeit C.Math LabCocain Lookup
Staff Upgrade$192.000$273.000 $273.000 $331.000$ 390.000

2. Equipment Upgrade

Fungsi dari equipment upgrade yaitu meningkatkan peralatan yang ada di pabrik kalian. Sehingga harga jual produk kalian akan meningkat. Terus apa bedanya sama staff upgrade. Staff dan Equipment upgrade sama sama akan menaikan harga produk kalian tapi equipment akan meningkatkan harga jaul lebih tinggi dari pada staff upgrade.

Berikut harga equipment upgrade untuk masing masing bisnis :

HargaDocument F.Weed FarmCounterfeit C.Math LabCocain Lookup
Equipment Upgrade$550.000$990.000 $880.000$1.100.000$ 935.000

Jadi kalian wajib hukumnya untuk membeli staff dan equipment upgrade kalau ingin mendapatkan keuntungan yang tinggi.

3. Security Upgrade

Dalam MC Bisnis, terdapat penajarahan bisnis yang akan menjarah produk atau para pekerja kita. Jika kalian gagal dalam mempertahankannya, maka kalian akan kehilangan pekerja atau beberapa produk kalian.

Jika kalian tidak ingin terjadi maka belilah security upgrade. Namun dengan membeli security upgrade nantinya akan mengurangi frekuensi penjarahan saja bukan menghilangkan penjarahan secara total.

Berikut harga security upgrade di setiap bisnisnya :

HargaDocument F.Weed FarmCounterfeit C.Math LabCocain Lookup
Security Upgrade$285.000$213.500 $456.000$513.000$570.000

Menurut saya, security upgrade tidak terlalu penting dan tidak wajib dibeli, karena jika kalian membelinya pun pasti suatu saat bisnis kalian akan kena grebek. Selain itu upgrade ini tidak akan meningkatkan harga produk kalian sama sekali. Tapi jika kalian mempunyai uang lebih bisa kalian beli security upgrade ini.

Keuntungan Masing Masing Bisnis

Berikut merupakan keuntungan dari masing masing bisnis MC Business dengan Full Upgrade.

PABRIK WAKTU
PRODUKSI
MODAL
RESUPPLY
JUAL FULL
STOK
PROFIT
Document F. 180 Menit 3 x 75K
$225.000
$126.000 -$99.000
(LOSS)
Weed Farm 320 Menit 1.5 x 75K
$112.500
$252.000 $139.500‬
Counterfeit C. 320 Menit 2 x 75K
$150.000
$294.000 $144.000
Math Lab 360 Menit 2.5 x 75K
$187.500
$357.000 $169.500
Cocain Lookup 300 Menit 2.5 x 75K
$187.500
420.000 $232.500

Dari tabel diatas bisa kita simpulkan bahwa bisnis yang punya keuntungan paling banyak yaitu Cocain Lookup. Dan bisnis yang paling sedikit keuntungan yaitu Document Forgeries. Maka dari itu saya tidak menyarankan untuk membeli Document Forgeries.

Perlu diketahui tabel diatas adalah tabel dengan minimal staff dan equipment upgrade. Jadi jika bisnis kalian belum di upgrade ke staff dan equipment maka profitnya pasti akan berbeda.

Belilah Cocain Lookup beserta staff dan equipment upgradenya agar mendapat profil yang maksimal. Setelah memilikinya belilah Math Lab beserta staff dan equipmentnya karena Math Lab mempunyai keuntungan terbesar kedua setelah Cocain Lookup. Atau kalian coba bisnis Bunker yang notabene penghasilannya lebih tinggi lagi.

Bisnis Bunker yang Punya Keuntungan Lebih Tinggi dari MC Bisnis

Penutup

Oke mungkin cukup sekian pembahasan tentang Motorcycle Club Business. Next kita akan membahas tentang Bisnis Bunker yang punya keuntungan lebih banyak dari bisnis ini. So jangan sampai kelewatan artikelnya. Bye !! 🙂

Orang Lain juga Membaca ini

Leave a Comment