Apa itu Perangkat Keras dan Lunak? Apa Komponen dan Fungsinya?

Untuk menjalankan suatu komputer, dibutuhkan yang namanya Perangkat keras dan Perangkat Lunak. Tapi kah kalian tahu apakah itu perangkat keras dan apakah itu perangkat lunak? Apa Komponen serta fungsi dari perangkat tersebut?

Dalam artikel ini kita akan membahas tuntas Mengenai pengertian, komponen serta fungsi dari Perangkat keras dan perangkat lunak. Cek it dot !!

Pengertian Perangkat Keras dan Lunak ?

Apa itu Hardware?

Hardware (Perangkat keras) yaitu semua bagian fisik dari computer yang dapat dilihat dan diraba atau disentuh. Perangkat keras dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu input, output, penyimpanan data, penulisan data, dan unit proses (CPU)

Apa itu Software?

Perangkat lunak yaitu suatu program yang digunakan untuk mengatur kerja hardware agar dapat berjalan sebagaimana fungsinya. Hardware tidak dapat digunakan oleh pengguna tanpa ada bantuan dari software.

Komponen dan Fungsi Perangkat Keras

Berikut merupakan beberapa komponen komponen perangkat keras berdasasrkan bagian bagiannya

♦ Input Device (Unit Masukan)

Unit masukan berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam untuk diolah guna menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Data yang dimasukan ke system computer berbentuk sinyal input dan maintenance input. Sinyal inpit berbentuk data uang dimasukan di system komputer, sedangkan maintenance input berbentuk sebuah program. Berikut contoh dari input device :

1. Keyboard

Keyboard berfungsi untuk memasukan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi pengguna untuk melakukan perintah lainnya yang di perlukan.

Keyboard yang sering dipakai yaitu keyboard QWERTY, namun selain keyboard qwerty masih ada juga jenis keyboard yang lain seperti DVORAK dan KLOCKENBERG.

2. Mouse

Mouse adalah salah satu unit input yang befungsi untuk perpindahan pointer. Alat ini dikenal lebih praktis disbanding dengan keyboard. Terdapat beberapa jenis mouse, yaitu ada yang memakai kabel dan ada yang tanpa kabel.

3. Microphone

Unit masukan ini berfungsi unntuk merekam dan memasukan suara yang disimpan di memori computer. Dengan menggunakan mikropon kita bisa merekam suara kita dan jga dapat berbicara keorang lain.

4. Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan dalam memori computer.

♦ Unit Pemrosesan

1. RAM – Memory

RAM merupakan singkatan dari Random Acces Memory. RAM merupakan sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyipanan data sementara.

2. Prosesor

Prosesor seing disebut dengan CPU, yaitu otak dari sebuah komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan untuk menjalankan system operasi sebuah computer.

3. Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik yang saling terhubung. Motherboard menghubungkan hardisk, ram, prosesor, kartu grafis dan perangkat lainnya.Output Device (Unit Keluaran)

♦ Output Device (Unit Keluaran)

1. Monitor

Monitor adalah salah satu jenis output device, karena keluarannya adalah sinyal elektronik yang berupa gambar yang tampil di layar monitor.

2. Printer

Printer merupakan perangkat keras yang dihubungkan pada computer yang berfungsi mengkasilkan cetakan berupa tulisan atau gambar.

3. Scanner

Speaker adalah alat yang dapat mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio berupa suara dengan cara menggetaran komponennya yang berbentuk selaput

♦ Unit Penyimpanan

1. Hardisk

HDD adalah singkatan dari hardisk drive, yaitu sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Di dalam hardisk terdapat piringan magnetis.

Dalam sebuah hardisk biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang ditampung.

2. Floppy disk

Mungkin kalian jarang mendengar kata ini, karena orang lebih suka menyebutnya dengan disket. Terbuat dari mylar kemudian dilapisi dengan ferra oksida

Sekarang sudah mulai arang ditemukannya disket, karena ukuran penyimpanan disket yang kecil.

3. CD-R dan CD RW

Hasil gambar untuk cd rw

Berbentuk kepingan CD, yang dapat dihapus dan ditulis untuk digunakan lagi.

♦ Unit Tambahan

1. Modem

Modulator atau modem adalah suatu rangkaian yang berfungsi memproses modulasi, yaitu proses menumpangkan data pada frekuensi gelombang pembawa ke sinyal informasiagar bias dikirim ke penerima melalui suatu media.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diubah menjadi sinyal Analog

2. Sound Card

Digunakan untuk mengatur keluaran dan masukan suara. Dikutip dari wikipedia, soundcard terbagi menadi 3 macam, yaitu :
– Sound Card Onboard, yaitu soundcard yang menempel langsung pada motherboard
– Sound Card Offboard, yaitu soundcard yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard.
– Sound Card External, yaitu soundcard yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port external.

3. TV Tunner

Adalah perangkat yang digunakan untuk dapat menonton tv dari komputer. Terdapat beberapa jenis tv tunner, ada yang berbentuk seperti flasdisk dan ada yang dipasang pada motherboard.

Komponen Perangkat Lunak

♦ Sistem Operasi

Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengatur system kerja dan mengatur kerja media input, output, memori, serta sistem kerja lainnya.

Beberapa fungsi Sistem Operasi yaitu :

– Menyimpan program dan aksesnya
– Mengalokasikan tugas penting
– Membagi tugas di CPU
– Memelihara keamanan sistem
– Merekam sumber data

♦ Program Aplikasi

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang untuk kebutuhan tertentu, seperti mengolah kata, presentasi, desain grafis, dan lain lain.

Ada banyak sekali fungsi dari aplikasi. Tapi fungsi utamanya adalah membantu/mempermudah user atau pengguna dalam melakukan tugasnya.

♦ Bahasa Pemrograman

Yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu.

1. Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

2. Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.

3. Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi   pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

Penutup

Jadi itulah pembahasan mengenai Komponen serta Fungsi dari Perangkat Keras dan Perangkat Lunak. Ada yang bingung? Bisa kalian tanyakan di komentar ya! Oh iya baca juga artikel yang lainnya ya, guys!

Orang Lain juga Membaca ini

One Thought to “Apa itu Perangkat Keras dan Lunak? Apa Komponen dan Fungsinya?”

  1. I like this web site because so much useful material on here : D.

Leave a Comment